13 Desember 2015

Borobudur

candi borobudur

BLOGGER VARIANTBorobudur, Siapa yang tidak tahu dengan Candi Borobudur, ya semua orang pasti tahu dengan tempat yang identik dengan candi Buddha nya ini. letak Borobudur ini berada di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.Sedangkan Lokasi candi berada pada sekitar jarak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Kota Semarang, 86 km di sebelah barat Kota Surakarta, dan berjarak antara 40 km di sebelah barat laut Kota Yogyakarta.Candi yang berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada sekitar tahun 800-an Masehi. Sedangkan candi ini didirikan disaat masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Buddha Mahayana : Mahayana terdiri dari dua kata yakni maha (besar) dan yana
Buddha Mahayana
(kendaraan), jadi secara etimologis berarti kendaraan besar. Ide maha merujuk pada tujuan religius seorang buddhis yaitu menjadi Bodhisatva Samasamboddhi (Buddha sempurna). Karena aliran ini tidak hanya memikirkan diri sendiri untuk mencapai kesucian dan kesempurnaan. Namun juga berusaha membantu oranglain untuk mencapai kesucian dan kesempurnaan tersebut. Aliran Mahayana, yaitu aliran hinayana yang diperbaharui dengan diberi pelajaran- pelajaran ekstra yang dipelopori oleh Budhaghosa atau Asvaghosa.(Belajar buddha)
Wangsa Syailendra :  adalah nama wangsa atau dinasti raja-raja yang berkuasa di
Wangsa Syailendra
Sriwijaya, pulau Sumatera; dan di MedaƋ (Kerajaan Medang), Jawa Tengah sejak tahun 752. Sebagian besar raja-rajanya adalah penganut dan pelindung agama Buddha Mahayana. Meskipun peninggalan dan manifestasi wangsa ini kebanyakan terdapat di dataran Kedu, Jawa Tengah, asal usul wangsa ini masih diperdebatkan. Disamping berasal dari Jawa, daerah lain seperti Sumatera atau bahkan India dan Kamboja, sempat diajukan sebagai asal mula wangsa ini. (wikipedia)
Para pembaca BLOGGER VARIANT tahukah Anda, Bahwa Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Sedangkan untuk sejarah dari pembangunan candi borobudur ini tidak ditemukan bukti tertulis yang menjelaskan siapakah yang membangun Borobudur dan apa kegunaan didirikanya candi borobudur ini. Namun tempat ini sekarang sudah dijadikan sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan asing dan lokal.

Borobudur
ilustrasi by : desabahasa03.wordpress.com
Para wisatawan asing dan Lokal mengunjungi Candi Borobur biasanya untuk mengumpulkan beberapa sejumlah informasi penting di balik beberapa sejarah, dan juga hal menarik disekitar candi borobudur ini.

Sedangkan ada beberapa kegiatan yang tentunya bisa dinikmati oleh para wisatawan asing atau lokal disini. Seperti :

  • Mempelajari Seni Sastra dan Budaya
  • Berfoto/mengabadikan momen di sekitar Candi Borobudur
  • Belanja Souvenir
  • Berkeliling Komplek Candi Borobudur
Jika Anda tertarik untuk menikmati berbagai kegiatan disekitar Candi Borobudur ini Anda dapat membaca artikel lengkapnya dibawah ini :
Lihat Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 
Petunjuk Arah Candi Borobudur :  melalui Jl. Megelang-Yogyakarta dan Jl. Soekarno Hatta, Ke arah timur di Jl. Pajang menuju Jl. Pajang I, Ambil Jl. Megelang-Yogyakarta dan Jl. Soekarno Hatta ke Jl. Badrawati di Borobudur, Tetap di Jl. Badrawati hingga sampai ke Candi Borobudur.

Artikel Terkait

Borobudur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar