29 Desember 2015

Obyek wisata Tmii

Blogger Variant-Obyek wisata taman mini indonesia indah(TMII), hai warga jakarta bagaimana dengan rencana liburan Anda akhir tahun ini? sudah menemukan rencana berlibur belum, jika belum mari kita lihat beberapa obyek wisata di taman mini indonesia indah. siapa tahu dengan beberapa obyek wisata di TMII Anda akan tertarik dan akan menjadikan wisata TMII ini menjadi rencana liburan Anda akhir tahun 2015 ini.

obyek wisata taman mini indonesia indah


Museum indonesia TMII
obyek wisata tmii

Harga tiket masuk : Senin-Minggu (09.00-16.00 WIB) Rp. 15.000,-
Lokasi :  Jl. Raya Taman Mini | Jakarta Timur, DKI Jakarta, INDONESIA | Informasi : 021-87792078 | Marketing & Reservasi : 021-29378 593/594/595
Museum indonesia TMII merupakan salah satu obtek wisata yang ada di taman mini indonesia indah, museum indonesia tmii ini terdapat 3 lantai didalamnya. diantaranya :
1. Lantai 1
Pada Lantai I museum indonesia terdapat Bhinneka Tunggal Ika yang menampilkan pakaian adat dan pakaian pengantin secara lengkap yang terdiri dari 33 provinsi di indonesia. Koleksi pakaian pengantin dan pakaian adat yang dimiliki museum ini merupakan koleksi terlengkap yang dimiliki oleh sebuah museum di Indonesia bahkan di dunia. Pameran keanekaragaman pakaian adat dan pakaian pengantin merupakan cermin kemajemukan budaya masyarakat Indonesia, baik dari sisi Agama, Pakaian, Kesenian, maupun Adat-istiadatnya. Pada bagian lain, lantai ini juga memaparkan berbagai jenis wayang dalam sebuah diorama serta alat musik tradisional.
2. Lantai 2
Berbeda dengan yang terdapat pada lantai 1, di Lantai 2 museum indonesia TMII ini menampilkan beberapa benda-benda budaya di lingkungan sekitar yang diwujudkan dalam bentuk rumah tradisional berupa rumah tinggal, rumah ibadah, dan lumbung padi. Bangunan-bangun tersebut menyesuaikan dengan keadaaan lingkungan, termasuk bentang darat, misalnyarumah di dataran rendah, di atas pohon, ataupun di atas sungai. Selain itu juga, ditampilkan ruangan bangunan rumah, antara lain kamar pengantin Palembang, ruang dalam Jawa Tengah, dan ruang dapur batak. Benda budaya dan peralatan mata pencaharian yang dipamerkan meliputi alat perikanan, alat berburu dan meramu, alat pertanian serta upacara daur hidup (Life cycle rites) ditampilkan dalam bentuk diorama, meliputi ucapara tujuh bulan (mitoni), upacara turun tanah, upacara khitanan, upacara potong gigi (mapedes), upacara penobatan Datuk, dan pelaminan Sumatera barat yang mewakili upacara pernikahan.
3. Lantai 3
Di Lantai III museum indonesia TMII ini merupakan tempat pameran yang bertemakan Seni dan Kriya menampilkan hasil seni garapan dan ciptaan baru, seperti aneka kain yang meliputi songket, tenun, batik. Selain itu juga terdapat berbagai benda kerajinan dari bahan logam seperti perak, kuningan dan tembaga. Seni ukir juga terdapat disana, antara lain adalah hasil seni ukir dari Bali, Toraja dan Asmat. Pohon hayat yang diilhami gunungan dalam pergelaran wayang sebagai pembuka, pergantian dan penutup suatu adegan dalam pergelaratn wayang berdiri megah setinggi 8 meter dengan lebar 4 meter, lambing alam semesta yang mengandung unsur udara, air, api dan tanah. Penempatan pohon Hayat di lantai III sekaligus menutup rangkain cerita atas seluruh tema pameran secara keseluruhan.

Bukan hanya wisatawan dari indonesia saja yang sering mengunjungi obyek wisata museum indonesia taman mini indonesia indah, akan tetapi banyak wisatawan asing yang berkunjung ke obyek wisata ini.

Museum yang dilengkapi dengan bale panjang, bale bundar, dan bangunan soko tujuh ini dapat disewa oleh masyarakat umum untuk berbagai keperluan seperti pernikahan, seminar, pameran atupun pertemuan.

Taman Burung TMII




Harga tiket masuk : Senin-Minggu (08.00-17.00 WIB) Rp. 20.000,-
Lokasi :  Jl. Raya Taman Mini | Jakarta Timur, DKI Jakarta, INDONESIA | Informasi : 021-87792078 | Marketing & Reservasi : 021-29378 593/594/595
Taman Burung terletak di bagian belakang atau timur dari kawasan TMII, berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas “Graha Widya Patra”, menempati lahan seluas 6 hektar termasuk fasilitas umum berupa tempat parker yang cukup luas dan rindang. Awalnya, taman burung hanya satu kubah yang dibangun tahun 1975 dan diresmikan tanggal 19 Agustus 1976, namun kemudian pada tahun 1986 dikembangkan menajdi Sembilan kubah dan diresmikan pada tanggal 27 April 1986 oleh Presiden Soeharto.

Di taman burung indonesia terdapat Bai keluarga yang dapat membawa anak-anak beristirahat sebentar di kolam ikan sebelum menlanjutkan penjelajahan semua kubah. Di samping itu, kafetaria menjual makanan dan minuman ringan , termasuk untuk ikan-ikan di kolam, bagi anak-anak dapt memberi makanikan sepuasnya sampbil melihat Angsa berenang.

Istana Anak-Anak Indonesia


obyek wiata tmii

Lokasi :  Jl. Raya Taman Mini | Jakarta Timur, DKI Jakarta, INDONESIA | Informasi : 021-87792078 | Marketing & Reservasi : 021-29378 593/594/595
Istana anak-anak Indonesia (IAAI) Adalah bangunan berbentuk istana mirip dalam sebuah dongeng Cinderella.Istana ini dapat menjadi tempat belajar dan bermain bagi anak-anak.Bangunan utama istana dinamai Graha Widya Tama, terdiri atas empat lantai dengan ruang terbuka di lantai dua.Bangunan ini memiliki dua sayap dan menara menjulang tinggi ke angkasa, lambing kebersamaan anak laki-laki dan anak perempuan dalam menggapai prestasi setinggi langit. Prasasti peresmian gedung ini di tanda tangani oleh Presiden Soeharto tanggal 20 April 1986. Di dalam ruang ini disajikan pameran wayang dan peragaan aneka permainan tradisional anak.


Tentunya selain dari 3 obyek wisata yang sudah disebutkan masih ada banyak lagi beberapa obyek wisata yang menarik di TAMAN MINI INDONESIA INDAH, tertarik untuk mengetahui lebih tentag TMII ? kunjungi situs resminya di http://www.tamanmini.com/.

Saya hadi nurhadi, selamat berakhir tahun dan sampai jumpa di info menarik selanjutnya.

Artikel Terkait

Obyek wisata Tmii
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email